ANDA PERLU TAHU INI, JIKA ANDA PENGGUNA INSTAGRAM

Oleh Eko Pramana Putra - 09 Desember 2018
389 kali telah dibaca

Siapa yang tak kenal Instagram, istagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Pertumbuhan jumlah pengguna, interaksi serta entitas bisnis pada platform Instagram menciptakan kebutuhan akan beragam tools untuk memudahkan sekaligus memaksimalkannya.

Tak heran jika saat ini ada ratusan tools berkualitas yang tersedia, tentunya tidak semua memiliki kualitas baik dan gratis.

Dalam artikel kali ini kami coba merangkum 5 tools Instagram yang dapat Anda pakai sebagai alat yang mampu membantu pekerjaan dalam mengopmalkan istagram sebagai tempat kita berusaha, mulai dari pembuat konten, penjadwal, pencarian hashtag hingga software yang dapat digunakan untuk analisa akun Instagram Anda. Seluruhnya sudah teruji bagus dan (yang paling penting) GRATIS.

1. Canva
Canva merupakan aplikasi design tool yang sangat keren dan bermanfaat. Dengan menggunakan ini, Anda dapat membuat desain yang terlihat sangat profesional tanpa harus memiliki skill desain sama sekali.


Aplikasi Canva menyediakan ribuan template yang dapat diedit sesuai keinginan untuk hampir seluruh kebutuhan, social media post, logo, name card hingga Instagram.

Tool ini juga sangat fleksibel karena kita dapat menggunakannya di PC, laptop maupun langsung via app di smartphone.

Meskipun Canva menyediakan opsi berbayar untuk fitur yang lebih lengkap. Versi gratisnya sudah lebih cukup untuk kita gunakan. Selain Canva Tools sejenis yang bisa jadi referensi yaitu: Stencil, Fotor, Freepik, dll.


2. Later.com
Sesuai dengan namanya, Later.com merupakan tool yang dapat digunakan untuk scheduling atau membuat jadwal post di Instagram (juga sosial platform lain seperti Facebook, Twitter & Pinterest).


Later.com adalah partner resmi dari Instagram sehingga aman untuk digunakan dan sudah pasti lancar jaya. Update terbaru dari Later beberapa waktu lalu memungkinkan kita untuk membuat posting terjadwal secara otomatis (sebelumnya aplikasi ini hanya berfungsi untuk mengingatkan, tidak posting langsung).

Syarat untuk menggunakan Later adalah akun kita harus menggunakan versi bisnis dan bukan personal. Kabar baiknya, merubah akun personal ke bisnis tidak sulit dan GRATIS.

Untuk Plan Gratis dari Later, kita dapat membuat 30 post Instagram sebulan untuk 1 akun Instagram. Jika membutuhkan lebih dari itu, Anda harus melakukan upgrade ke versi berbayar mulai dari $9 per bulan. Nah untuk tools sejenis yaitu: Hootsuite, Buffer, dll.

 

3. Socialblade

Jika Anda membutuhkan data statistik akun Anda (plus kompetitor yang Anda miliki) untuk kebutuhan analisa, maka Anda dapat menggunakan Socialblade.

Untuk mulai menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan username Instagram milik Anda atau akun lain yang ingin Anda lihat.

Data yang ditampilkan berupa breakdown harian, jumlah follower, following dan media.

Ada juga data jumlah konten, engagement rate, rata-rata likes serta komentar dari sebuah akun. Keseluruhan data tersebut memungkinkan Anda untuk membuat plan marketing di Instagram yang lebih matang atau belajar lebih banyak dari kompetitor Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melihat data terkini dari top list akun Instagram seluruh dunia dengan pertumbuhan follower terbanyak untuk melihat trend yang sedang terjadi di Instagram pada suatu waktu.

Socialblade dapat digunakan secara gratis dengan opsi upgrade yang tidak terlalu mendesak untuk dilakukan.
Untuk Tools sejenis: Statflux, Gramanalyzer, dll.

 

4. All-hashtag
Hashtag adalah elemen yang sangat penting di Instagram. Ini membuat konten milik kita lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Saking pentingnya, bahkan sebuah hashtag dapat di follow oleh siapa pun.

Saat ini, Instagram mengijinkan penggunaaan hingga 30 hashtag dalam sebuah posting. Dan tentu saja, menerbitkan konten tanpa Hashtag bukanlah suatu hal yang bijaksana.

Berpikir tentang sebuah Hashtag yang berhubungan dengan konten milik Anda sudah pasti cukup mudah untuk dilakukan. Tapi bagaimana jika lebih dari 5? Mungkin ini bisa bikin pusing.

Nah, Anda dapat memanfaatkan All-hashtag untuk mencari hashtag populer yang berkaitan dengan hashtag milik Anda.

Penggunaan All-hashtag terbilang sederhana. Tinggal klik generate saja dan copy seluruh hasilnya pada konten Anda.

Tool ini gratis dan dapat Anda gunakan sebanyak yang Anda mau. Untuk Aplikasi sejenis yang bisa anda gunakan yaitu : Seekmetrics

 

5. KontakK.com
Tentu saja, tool terakhir adalah KontakK.com. Sebab sebagaimana kita tahu, transaksi bisnis di Instagram tak akan pernah terjadi di konten maupun kolom komentar, melainkan di landing page, web, maupaun ruang-ruang chat sehingga sudah seharusnya kita memanfaatkan link bio yang hanya satu untuk menampilkan banyak pilihan yang memudahkan pelanggan.

KontakK.com adalah tool powerful Instagram dengan seabrek fitur yang dapat digunakan secara GRATIS.

Diciptakan khusus untuk orang Indonesia dengan nama yang brandable dan memicu klik saat orang ingin melakukan kontak dengan Anda. Dimana kontak berarti peluang terjadi transaksi akan lebih besar lagi.

Saat ini Kontakk sudah digunakan hampir 15.000 orang di Indonesia. Untuk aplikasi sejenis anda bisa menggunakan http//:bit.ly.com

Bagikan ke :

Komentar

Perlu akses login!