Aplikasi Smartphone untuk Pebisnis yang Smart

Oleh YAHYA PRAMANA - 20 November 2019
256 kali telah dibaca

Tahukah Anda ada beberapa aplikasi wajib untuk Android yang harus dimiliki oleh pebisnis? Nantinya aplikasi ini tersebut akan sangat membantu Anda dalam menjalankan berbagai pekerjaan. Ingin tahu beberapa aplikasi untuk pebisnis yang terbaik dan bisa diinstall di perangkat Android? 


1. SHAREit - Bagi para pebisnis, bertukar dokumen itu sudah hal biasa. Nah, agar proses mengirim dan menerima dokumen lebih cepat 200 kali lipat daripada bluetooth yang hanya 20M/s, maka Anda bisa manfaatkan aplikasi SHAREit. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengirim berbagai macam dokumen, mulai dari foto, video, hingga office. Soal format pun sangat lengkap, jadi Anda bisa dengan nyaman mengirim video dan foto dalam format apapun. Sangat lengkap, kan?


2. Opera News - Para pebisnis tidak boleh melewatkan berita sedikit pun. Biasanya, pebisnis selalu update mengenai perkembangan ekonomi. Kalau dulu, pebisnis selalu membaca koran, tapi sekarang korannya sudah berbentuk digital. Jadi, Anda tidak perlu membawa koran kemana-mana, cukup download Opera News. Aplikasi tersebut siap memberikan update terbaru seputar ekonomi, olahraga, hingga dunia perbisnisan. Anda juga bisa mengatur berita-berita yang akan Anda baca. Dan, Anda juga bisa mencari berita yang Anda butuhkan dengan mudah. Soal sumber dan akurasi berita, tidak perlu khawatir, karena Opera News menjamin berita yang diterbitkan pasti akurat dan bukan hoax. Tertarik? Bisa langsung download di sini.


3. Asana - Di urutan teratas ada sebuah aplikasi untuk pebisnis yang bisa melakukan tugas layaknya seorang manajer, yaitu Asana. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memberikan tugas atau pekerjaan kepada semua staff yang berada di dalam naungan Anda. Melalui Asana, Anda bisa membuat subbagian tugas, mengirim tugas langsung ke semua staff, dan menambahkan komentar maupun lampiran. Anda bisa mendaftar 15 orang staff secara gratis di dalam Asana atau membayar $8,33 per bulan untuk per orang agar dapat menikmati fitur lengkap dalam aplikasi ini. Bahkan, Anda bisa berkomunikasi dengan staff Anda yang sudah didaftarkan melalui Asana.


4. Business Card Holder - Sudah menjadi kebiasaan para pebisnis untuk saling bertukar kartu nama? Namun, kartu nama berbentuk fisik hanya akan memenuhi tempat dan mudah hilang. Gunakan saja aplikasi penyimpanan kartu nama secara digital, yakni Business Card Holder. Data di aplikasi ini tidak hilang meskipun Anda berganti smartphone karena semua data bisa disimpan di Google Drive. Cukup foto kartu nama fisik yang Anda terima, lalu simpan di dalam aplikasi ini dengan menulis nama dan kategori bisnis rekan Anda. Melalui Business Card Holder, Anda pun bisa berbagi kartu nama kepada teman-teman Anda atau mencari kartu nama dengan cepat berdasarkan nama atau kategori.


5. CamScanner - Percayakah Anda bahwa smartphone atau tablet Android yang Anda gunakan bisa berubah menjadi scanner? Ya, hal tersebut bukan mustahil jika Anda menginstall CamScanner di handset Android Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memindai faktur, kartu nama, dokumen, dan sertifikat apapun dengan menggunakan ponsel pintar. CamScanner akan mengoptimalkan kualitas pindai dengan membuat teks dan grafis terlihat jelas dan tajam. Tak cukup sampai di situ saja, CamScanner dapat memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen dari printer yang ada di sekitar Anda. Aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi para pebisnis.


6. Evernote - Jika Anda berpikir bahwa Evernote adalah sebuah aplikasi yang hanya membantu Anda mencatat saja, maka Anda perlu membuktikan sendiri kehebatan aplikasi ini. Aplikasi untuk pebisnis ini memungkinkan Anda untuk menambah gambar, video, audio, dan daftar ke dalam catatan. Semua catatan yang Anda buat di aplikasi ini akan tersusun rapi sehingga lebih mudah dicari. Selain itu, Anda bisa mendiskusikan pekerjaan langsung dengan orang lain melalui Evernote. Evernote merupakan asisten pribadi Anda yang sangat cerdas. Tak perlu koneksi internet, aplikasi ini bisa diakses secara offline.


7. Google Drive - Aplikasi yang satu ini pasti sudah tersedia ketika Anda membeli ponsel Android baru. Ya, Google Drive memang salah satu aplikasi bawaan di perangkat Android. Ini adalah aplikasi untuk berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi, PDF, gambar, video, dan berbagai macam file dengan mudah, aman, dan cepat. Semua file yang disimpan atau dibagikan di Google Drive bisa diakses melalui smartphone atau PC. Lebih lagi, Anda bisa mencari file dengan mengetik nama file tersebut. Jika Anda membagikan sebuah dokumen pada orang lain melalui Google Drive, Anda juga bisa melihat detail aktivitas dan perubahan yang dibuat oleh orang tersebut. Google Drive memberikan kapasitas hingga 15GB untuk menyimpan file, Anda bisa membayar biaya tambahan untuk mendapatkan kapasitas lebih besar.


8. Google My Business - Ingin bisnis atau usaha Anda terlihat di hasil pencarian Google atau Google Maps? Kelola informasi seputar bisnis Anda di Google My Business. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menampilkan informasi mengenai usaha yang Anda kelola jadi bisa dilihat oleh banyak orang. Di aplikasi ini, Anda bisa memperbarui informasi mengenai bisnis Anda, mulai dari jam operasi, nama, alamat, dan kategori usaha tersebut. Baca Juga: Tutorial Cara Menggunakan Mobile Banking BCA di Android 10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Android 2019 Kumpulan Aplikasi M-Banking Terbaik dari Bank di Indonesia Tak hanya itu saja, Google My Business juga bisa mengelola dan merespon ulasan dari pelanggan. Nah, tertarik untuk memperluas bisnis Anda dengan Google My Business? Install dan gunakan aplikasi ini secara gratis.


9. Microsoft OneDrive - Lakukan banyak hal untuk menunjang aktivitas bisnis Anda dengan mengandalkan Microsoft OneDrive. Anda dapat mengakses dan membagikan dokumen, foto dan file dari smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi Microsoft OneDrive diciptakan untuk mempermudah Anda membuka file yang tersimpan di PC di mana pun Anda berada melalui smartphone atau tablet. Buka dan simpan file OneDrive di aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Untuk menunjang kegiatan bisnis Anda, maka Anda bisa masuk ke OneDrive for Business dengan berlangganan SharePoint Online atau Office 365.


10. PayPal - Di zaman serba digital ini ada begitu banyak aplikasi mobile dan internet banking yang tersedia di smartphone atau tablet. Namun, untuk memudahkan Anda mengirim dan menerima uang dari seluruh dunia, Anda harus memiliki akun PayPal. Nah, PayPal menghadirkan aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengakses akun PayPal Anda dari smartphone. Anda bisa melakukan pembayaran atau menerima pembayaran melalui aplikasi PayPal untuk Android. Apakah aplikasi untuk pebisnis ini aman? Tentu saja aman karena aplikasi ini sudah didukung dengan fitur fingerprint dan pemberitahuan instan untuk transaksi keluar masuk di akun PayPal Anda. Bukan hanya 10 aplikasi di atas yang bisa menunjang bisnis bagi Anda para bussinesman. Ada juga nih beberapa rekomendasi aplikasi lainnya yang harus Anda miliki untuk para pebisnis. Apa saja itu? Silakan langsung baca selengkapnya berikut ini.


11. Slack - adalah aplikasi chatting berorientasi bisnis. Hal yang membuat aplikasi ini lebih istimewa dibanding aplikasi chatting lainnya adalah modularitas yang mengesankan. Anda bisa membuat chatting dengan anggota yang tak terbatas dan memisahkan setiap anggota di divisi yang berbeda. Slack juga memberikan dukungan plugin layanan ke Asana, Giphy, dan sebagainya. Anda juga akan menerima konfigurasi pemberitahuan melalui PC, smartphone, dan juga email yang terhubung dengan Slack.


12. Square Point of Sale – POS Aplikasi yang satu ini akan memungkinkan Anda menerima uang dari orang lain. Square Point of Sale – POS akan menjalankan bisnis Anda, terutama jika Anda membuka usaha penjualan barang dalam skala yang belum terlalu besar. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melacak penjualan dan persediaan, mengelola item, dan melihat analisis perkembangan usaha Anda. Bahkan, Anda juga bisa menerima uang dari konsumen melalui Square Point of Sale – POS. Aplikasi yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk memulai bisnis baru Anda.


13. LinkedIn - Yang namanya pebisnis pasti butuh koneksi. Nah, jika Anda membutuhkan koneksi baru, maka Anda wajib mendownload dan menggunakan aplikasi LinkedIn. Sebab, dengan aplikasi LinkedIn, Anda bisa terkoneksi dengan semua client Anda. Bukan hanya memberikan koneksi saja, di LinkedIn, Anda juga bisa melihat perkembangan dari koneksi Anda mengenai posisi / jabatannya saat ini, bahkan Anda juga bisa membaca artikel-artikel berkualitas di LinkedIn. Siapa tahu Anda bisa menemukan banyak inspirasi dari artikel yang ada di LinkedIn, bukan?


14. Trello - Nah, kalau aplikasi Trello ini bisa mengatur juga memantau segala perkejaan yang Anda lakukan setiap harinya. Jadi, Anda hanya perlu mengatur to-do-list kemudian tentukan deadline pekerjaan Anda. Kalau Anda punya beberapa partner di kerjaan yang sama dengan Anda, maka Anda bisa membuat grup dan me-manage pekerjaan masing-masing. simple, kan?


15. Pocket - Membaca itu hal yang biasa dan bisa dibilang sangat penting bagi para pebisnis, apalagi Anda harus selalu update mengenai keadaan ekonomi dunia. Tak jarang, Anda sudah menemukan artikel / bacaan yang bagus namun terkadang, Anda baru bisa membacanya nanti. Nah, agar artikel Anda tidak hilang atau Anda lupa dengan link artikel tersebut, maka Anda bisa menyimpan artikel yang akan Anda baca nanti dengan bantuan aplikasi Pocket. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketinggalan berita.

Sekarang sudah era aplikasi. Dan bisnis Anda bisa lebih mudah dengan aplikasi bisnis ini. Bagaimana dengan Anda ?


Sumber : https://carisinyal.com/aplikasi-untuk-pebisnis/


Bagikan ke :

Komentar

Perlu akses login!