Eranya Aplikasi, Ayo Belajar dari yang sudah SUKSES

Oleh YAHYA PRAMANA - 22 November 2019
256 kali telah dibaca

Sudah lebih dari 10 tahun ternyata, masyarakat Indonesia sudah mengenal dunia aplikasi smartphone. Selain platform website internet yang mendahuluinya sebagai sarana mempermudah melakukan jual beli secara online. 

Kita bahas satu persatu ya.. 


1. TOKOPEDIA - Tokopedia memudahkan setiap orang untuk berjualan secara online. Aplikasi jual beli online terpopuler ini banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia karena metode pembayaran yang aman. Pembeli akan mentransfer pembayaran ke rekening Tokopedia, sedangkan pihak Tokopedia akan memberi konfirmasi kepada penjual untuk mengirim barang kepada pembeli. Setelah pembeli menerima barang tersebut, Tokopedia akan meneruskan pembayaran ke penjual. Fitur yang tersedia di Tokopedia antara lain adalah mengurutkan produk sesuai daftar yang diinginkan (termurah, terpopuler, dll), tracking pesanan, dan membagikan informasi produk ke media sosial dan instant messaging. 

2. BUKALAPAK - Aplikasi ini menawarkan interface sederhana dan tidak ribet. Proses menjual atau membeli barang di Bukalapak juga terasa sangat mudah.


Sama seperti Tokopedia, Bukalapak juga menyediakan metode pembayaran yang aman dan variatif. Sebagai penjual, dana akan diterima ke dalam dompet Bukalapak, lalu Anda bisa segera mencairkan dana tersebut ke rekening pribadi. Aman dan Mudah kan?


3. OLX adalah aplikasi iklan baris atau jual beli online yang paling populer di Indonesia. Dahulu sebelum menjadi OLX, nama dari situs ini adalah Tokobagus.com. Setelah tahun 2014, Berniaga.com resmi bergabung dan nama dari situs jual beli online ini menjadi OLX. Kini, OLX hadir dalam aplikasi yang tersedia di iOS dan Android. Tentu saja proses berjualan atau mencari barang maupun jasa melalui aplikasi lebih praktis dan mudah dibanding Anda membuka situsnya di PC. Mencari barang bekas atau baru? Semuanya bisa Anda temukan di OLX. Memasang iklan di OLX gratis dan tidak dipungut biaya apapun.


4. SHOPEE - Aplikasi ini sangat digandrungi oleh kebanyakan wanita, karena Shopee memang tempatnya kosmetik dan barang-barang yang banyaknya dikhususkan untuk wanita. Tapi, selain itu juga Shopee punya barang-barang bagus seputar otomotif dan kebutuhan pria. 

Yang menariknya, Shopee ini juga menjual berbagai macam barang-barang KPOP, karena memang sudah bekerjasama dengan YG Entertainment, salah satu perusahaan hiburan dari Korea Selatan. Shopee merupakan aplikasi yang bisa didownload gratis untuk mempermudah proses jual beli secara online. Aplikasi ini menyediakan fitur chat yang memudahkan komunikasi real time antara penjual dan pembeli. Proses untuk memasarkan barang dagangan di Shopee juga terbilang mudah, cepat, dan tidak ribet karena prosesnya hanya sekitar 30 detik saja. Keunggulan Shopee dibanding aplikasi sejenis lainnya adalah kehadiran fitur asisten penjual yang membantu Anda mengatur daftar produk, tracking pesanan dan tetap terhubung dengan pembeli di toko Anda.

5. LAZADA - Apapun barang yang Anda cari semua bisa ditemukan dengan mudah di Lazada. Berbeda dengan Tokopedia, Lazada lebih selektif dalam memilih penjual yang bisa menawarkan barang dagangannya di Lazada. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir kena tipu karena Lazada mengecek setiap pedagang yang menjajakan dagangannya. 


Lazada pernah memperoleh penghargaan di Indonesia Cellular Award 2015 dalam kategori Best Online Shop App. Aplikasi ini menawarkan metode pembayaran yang aman dan garansi uang kembali jika Anda tidak puas dengan produk yang dibeli di sini.

6. CAROUSELL - Membeli barang secara online yang mudah, praktis, dan aman? Anda juga bisa memilih aplikasi Carousell sebagai pilihan aplikasi jual beli online. Di aplikasi ini, para penggunanya dapat menccari dan menemukan segala macam kebutuhan dengan harga yang wajar. 


Tak hanya menyediakan barang dari Indonesia saja, Carousell juga menyajikan beragam macam impor yang bisa Anda beli secara online. Anda juga bisa melakukan chatting dengan penjual untuk mendapatkan harga diskon.

7. BLIBLI - Siapa yang tidak kenal dengan Blibli.com? Situs jual beli online ini dikenal lengkap dan mudah diakses dari berbagai perangkat. Namun, seiring berjalannya waktu Blibli.com tidak mau ketinggalan untuk membuat aplikasi khusus iOS dan Android. Aplikasi ini menawarkan promo menarik untuk kategori produk yang berbeda-beda setiap hari. Bahkan, di Blibli.com Anda bisa membayar dengan metode cicilan.



Sama seperti Lazada, Blibli.com juga memberikan garansi untuk Anda yang kurang puas dengan barang yang sudah diterima. Sistem pembayaran di Blibli.com juga terbilang aman karena sudah terverifikasi dengan VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System.

8. ZILINGO - Mau berbelanja sepatu, baju, tas, belanja apapun soal fashion, bisa mudah dilakukan di Zilingo Shopping. Ini merupakan shopping online yang sangat lengkap dengan berbagai kategori belanja sesuai dengan kebutuhan. Selain banyak pilihan barangnya, Zilingo Shopping juga menjamin keamanan dalam hal transaksi jual-beli.


Bahkan, Zilingo Shopping juga sudah menyediakan berbagai macam bentuk pembayaran, berupa online dan offline dengan cara cash on delivery. Selain itu, di Zilingo Shopping tersedia fitur chatting dengan penjual sehingga Anda bisa memastikan kualitas barang yang akan dibeli.

9. ELEVENIA - Selalu mengusung slogan “Klik, cari, hepi” Ya, menggunakan Elevenia memang sangat mudah. Anda bisa menemukan barang elektronik, gadget, pakaian, makanan, hingga produk kosmetik di Elevenia. Bahkan, Elevenia berani memberikan promo menarik setiap harinya.


Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, di sini Anda bisa memperoleh berbagai penawaran menarik.

10. JD.id - aplikasi ecommerce asal Indonesia yang menyediakan kebutuhan Anda. Beragam barang-barang dijajakan di toko online JD.id. Mulai dari barang elektronik seperti Smartphone, Laptop dan Komputer, Tablet, Smart Device, Peralatan kantor, TV, Audio dan barang lainnya tersedia di JD.id.


Tentu JD.id menawarkan harga yang terbilang cukup terjangkau. Beragam metode pembelian bisa dilakukan seperti CASH-ON-DELIVERY (COD), CARD-SWIPE-ON-DELIVERY (CSOD), Online Payment, Bank Transfer, dan juga Cicilan Online 0%.

11. MatahariMall.com - Siap bersaing dengan aplikasi sejenis lainnya untuk menawarkan kemudahan berbelanja online yang aman. Aplikasi e-Commerce yang ditawarkan oleh MatahariMall.com memang memiliki interface yang sederhana sehingga lebih mudah dipakai.

Ada fitur Most Wanted yang menunjukkan barang-barang populer yang bisa dijadikan ide ketika Anda ingin membeli barang tertentu. MatahariMall.com juga menawarkan metode pembayaran secara COD.

12. KASKUS - kini melebarkan sayapnya dengan menyediakan lapak untuk para penjual juga pembeli barang. Di KASKUS, Anda bisa mendapatkan barang ekas ataupun barang baru. Anda bisa melakukan transfer untuk pembelian barang atau juga Anda bisa bertemu langsung dengan sang penjual barang.


13. BLANJA - Aplikasi yang menyediakan barang-barang dagangan secara online. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang telah dibahas sebelumnya. BLANJA juga menawarkan beragam kemudahan dalam berbelanja. 


BLANJA juga menjamin uang kembali 100% jika barang tidak ada atau ada praktik tipu. Uniknya, di BLANJA juga Anda bisa mendapatkan diskon khusus untuk para pengguna aplikasi.

14. SORABEL - Sebuah aplikasi belanja online yang memasang harga jujur dan bersaing dengan situs jual beli lainnya. Di samping itu, Sorabel juga menawarkan metode pembayaran cash on delivery atau membayar pada saat Anda menerima barang tersebut. Di dalam aplikasi ini ada pula tips dan trik seputar fashion yang sangat bermanfaat.


15. AKULAKU - Aplikasi ini cukup populer di kalangan masyrakat Indonesia, terutama bagi mereka yang doyan belanja online. Dalam aplikasinya ini, Akulaku memberikan kemudahan kepada konsumen dalam bertransaksi jual-beli. Pembeli bisa memilih beberapa metode pembayaran, misalnya melalui kartu kredit atau via transfer. Yang menjadi daya tarik banyak orang belanja di Akulaku adalah, cicilan tanpa harus menggunakan kartu kredit. Ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri karena tidak semua konsumen punya kartu kredit. Untuk keamanan, Akulaku menjamin konsumen bisa berbelanja secara aman dan juga cepat.


Nah, itu tadi aplikasi jual beli online terpopuler dan sukses di Indonesia. Semoga bisa jadi inspirasi kita untuk memulai membuat sendiri aplikasi untuk bisnis kita agar lebih cepat dikenal luas oleh para pelanggan. Dan akhirnya akan meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi. 

Selamat Mencoba ya!




_______________

Sumber : https://carisinyal.com/aplikasi-jual-beli-online/

Bagikan ke :

Komentar

Perlu akses login!